Cara Buat Undangan Pernikahan Menggunakan Photoshop

Pada tulisan sebelumnya yaitu "Membuat Undangan Pernikahan Sederhana", telah dibahas bagaimana membuat undangan pernikahan sederhana menggunakan Ms Word. Untuk bahasan kali ini saya akan mencoba membagi sedikit pengalaman saya ketika akan mengaqiqahkan putra kami sekaligus acara resepsi pernikahan kakak ipar saya. Masih ingatkah kalian dengan produk Pos Indonesia yaitu "Kartu Pos"? Mungkin gambar dibawah ini akan mengingatkan kalian.


dan dibaliknya ini

Awal mulanya ide ini muncul karena ingin mencoba menghemat penggunaan kertas untuk undangan. Pada ukuran sesungguhnya, ukuran undangan ini adalah sebesar setengah dari kertas A4 atau F4. Pada akhir tulisan ini saya sertakan link download untuk file Photoshop contoh undangan diatas.

Meskipun anda sudah mendownload file photoshop diatas, saya kira perlu saya sampaikan sedikit tutorial untuk mengedit pada bagian-bagian yang saya anggap sulit bagi pemula, yaitu bagaimana menghilangkan latar belakang dari foto pengantin, bagaimana juga membentuk foto seperti perangko dan bagaimana cara membuat denah lokasi.

1. Membentuk Foto Seperti Perangko

Baiklah kita mulai dengan sesuatu yang paling mudah, yaitu membentuk foto atau gambar sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Teknik yang digunakan disini adalah membentuk gambar/foto mengikuti bentuk shape yang sudah disiapkan sebelumnya. Kebetulan Photoshop sudah menyediakan bentuk seperti perangko, dan jika anda sudah mendownload contoh undangan diatas tentunya sudah ada bentuk perangko yang tersedia.

Pertama, bukalah file Undangan1.psd yang ada dalam link download, lalu temukan group layer bernama pRANGKO, gantilah Layer 2 yang berada dibawah Shape 3 seperti pada gambar dibawah dengan foto yang anda inginkan.


Caranya, klik Layer 2 tersebut, kemudian bukalah file yang berisi foto yang diinginkan kemudian drag 'n drop ke workspace undangan ini. Untuk memudahkan, posisikan window foto tersebut dalam keadaan restored.

Untuk menghaluskan hasil jepretan foto, mungkin anda perlu membaca artikel ini, Jika sudah diletakkan foto dibawah Shape 3 kemudian resize foto sehingga nampak kedua mempelai didalam frame Prangko denga cara tekan tombol Ctrl+T kemudian tarik gambarnya


Langkah berikutnya adalah bagaimana membuang gambar yang berada di luar frame Prangko.
Gantilah kursor Photoshop menjadi Path Selection Tool.


Selanjutnya klik layer yang berisi Shape 3 yaitu bentuk perangko, klik kanan prangko tersebut > make selection, kemudian klik kembali layer yang berisi foto tadi, Klik menu Select > Inverse atau tekan tombol Ctrl+Shift+I, maka selection akan berpindah ke luar perangko. Selanjutnya hapus area di luar dengan menekan tombol Del. Untuk menghilangkan tanda seperti semut (selection) tekan tombol Ctrl+D, atau menu Select > Deselect. Berikut hasilnya...



2. Menghapus Latar Belakang Foto

Ada berbagai macam cara untuk menghapus latar belakang foto, tergantung kesulitan yang dihadapi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan :
  • Menggunakan Magic Wand Tool : Jika Latar belakang foto berwarna seragam dan tidak bersinggungan dengan gambar utama.
  • Menggunakan Polygon Lasso Tool dan Magnetik lasso tool, jika latar belakang foto tidak berwarna seragam.
  • Menggunakan Quick Mask Mode untuk seletion yang lebih akurat pada latar yang tidak seragam pula.
Pada tulisan ini saya hanya akan membahas cara yang terakhir saja karena cara ini yang paling universal dan penjelasannya lebih mudah.

Pertama Bukalah gambar/foto yang akan dihapus latarnya, tekan tombol Q untuk pengeditan Quick Mask Mode atau klik tombol seperti digambar berikut:

Berikutnya gunakan brush tool (warna apa yang digunakan tidak masalah) sapukan brush keseluruh tubuh dan wajah pengantin (gambar yang tidak dihapus) secara perlahan, jika ada kesalahan anda bisa menghapusnya menggunakan eraser. Sedangkan untuk bagian tepi yang membutuhkan keakuratan yang tingggi sebaiknya gambar di zoom (Ctrl+"+") dan ukuran brush diatur besar kecilnya dengan tombol "[" atau "]". Gunakan brush besar untuk menyapu area yang luas dan gunakan brush kecil untuk menyapukan area lebih akurat.

Dibawah ini adalah gambar dalam Quick Mask Mode yang telah tersapu seluruhnya.
Tekan kembali tombol "Q" atau klik Edit in Quick Mask Mode, maka akan ter Select area diluar pengantin. Klik menu Select > Inverse atau tekan tombol Ctrl+Shift+I untuk men-Select Pengantinnya. Jika anda sudah membuka File Undangannya maka anda bisa langsung drag 'n drop gambar pengantin ini (gunakan Move Tool atau kursor panah default untuk drag 'n drop)
Resize ukuran fotonya maka hasilnya akan seperti berikut ini



3. Membuat Denah Lokasi.

Membuat denah lokasi di photoshop sangatlah mudah, anda cukup menggabungkan Rectangle Shape. Pertama buatlah sebuah persegi panjang, aturlah warna latar belakangnya menjadi putih, kemudian buat garis pinggir (stroke) dengan warna hitam melalui menu Layer > Layer Style > Stroke, dan untuk memberi bayangan Layer > Layer Style > Drop Shadow, untuk masing-masing parameternya terserah tergantung selera
Tambahkan lagi persegi panjang untuk membuat sebuah persimpangan, tetapi sebelum melakukan ini terlebih dahulu klik tool Add to Shape Area.
Maka hasil penambahan persegi panjang diatas persegi panjang sebelumnya akan menyatu, layer style keduanya juga menyatu. Dan tambahkan persegi panjang lainnya sehingga membentuk sebuah denah lokasi
Untuk bagian lainnya saya kira anda dengan mudah dapat mempelajarinya, seperti mengedit text dan mengganti font. Jika ada font yang missing anda boleh menggantinya dengan font yang lain. Pada photoshop meskipun font missing ia akan tetap menampilkan apa adanya asalkan tidak mengedit teks tersebut. Contohnya tulisan bismillah di undangan, tetapi jika anda mau mengganti model bismillah dengan model yang lain anda bisa menginstall font berikut
Untuk dokumen photosopnya anda bisa mengunduhnya dibawah ini


Selamat mencoba....
 
copy dari : http://utek-quantum.blogspot.com/2011/07/membuat-undangan-pernikahan-menggunakan.html

2 Responses to "Cara Buat Undangan Pernikahan Menggunakan Photoshop"

Intan Suci said...

Wah keren tutorialny. Untuk undangan versi online mungkin ide sy bisa jd referensi. Monggo diintip http://diariodiadelio.blogspot.com/2013/02/undangan-pernikahan-online-menu-wajib_19.html?spref=fb&m=1

kebutuhanprimer said...

mohon kunjungan ya jugan ya gan....ke sini http://kebutuhanprimer.blogspot.com