Cara Buat Kalender Dengan Corel Draw

Kalender sangat efektif untuk dijadikan sebagai alat promosi, keuntungannya menggunakan kalender sebagai alat promosi adalah masa tayang informasi yang disampaikan relative lama yaitu selama 1 tahun, karena kalender memuat tentang tanggal dan bulan, dan kalender juga bisa jadi koleksi album fhoto kita sendiri.
Pada bagian ini kita akan membuat kalender seperti berikut. Langkah – langkahnya yaitu :
1.  Buka lembar baru di corel
K1 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
2.  Tentukan satuan yang akan digunakan, A4, Centimeters, Landscape.
k222 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
3.  Sebelum mendisain terlebih dahulu buatlah ukuran marginnya. Lihat gambar
4.  Selanjutnya buat kotak kelender dengan cara klik Rectangle tool untuk membuat kotak sebesar drawing page.
5.  Klik Pick tool dalam toolbox kemudian klik pada kotak yang anda buat lihat gambar.
k3 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
6.  Selanjutnya import gambar dengan cara klik menu File > Import maka dilayar akan tampil kotak dialog import, pilih salah satu gambar dalam koleksi yang anda miliki misalnya seperti berikut, klik tombol Import.
7.  Setelah klik tombol Import maka pointer mouse akan berubah bentuk, lakukan dragging untuk menentukan tempat dan ukuran hasil import misalnya seperti berikut.
8.  Setelah mendesign gambar, pilih Text tool di toolbox untuk membuat beberapa judul nama perusahaan, sekolah atau yang lain. Buat juga kata – kata yang lain misalnya, alamat perusahaan dan nama bulan dan tahun. Lihat gambar.
k4 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
9.  Selanjutnya buat kotak menggunakan Rectangle tool kemudian dragging untuk membuat kotak lalu atur ukurannya tempatkan dibawah teks Januari untuk kolom nama hari.
10.  Kemudian klik Shape tool lalu dragging salah satu handle Rectangle Corner Roundness.
11.  Berikutnya klik Pick tool kemudian klik menu Arrange > Transformations > Positons kemudian atur setting Transformations docker seperti berikut.
k5 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
12.  Kemudian klik tombol Apply to Duplicate sebanyak 6 kali maka hasilnya akan tampak seperti berikut.
13.  Selanjutnya klik Text tool dalam toolbox kemudian klik dalam drawing page, untuk membuat teks hari, ketiklah hari Minggu lalu gunakan Apply to Duplicate untuk menggandakannya.
14.  Kemudian ketik teks nama hari mulai dari Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Seperti gambar.
k6 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
15.  Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut :
-    Tekan Shift +Klik kotak pertama dari atas kemudian tekan tombol C (untuk center vertikal) lalu E (untuk center horizontal) untuk membuat teks “Minggu” center terhadap kotak.
-    Klik teks “Senin” dengan Pick tool kemudian Shift + klik kotak kedua dari atas lalu tekan tombol C lalu E dan seterusnya sampai hari Sabtu.
16.  Setelah kita melakukan langkah-langkah diatas perhatikan hasilnya.
k7 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
17.  Klik teks hari “Minggu” kemudian Shift + Klik pada teks hari “Senin” sampai “Sabtu”.
18.  Setelah langkah diatas tekan F8 untuk mengaktifkan Text tool dengan cepat lalu dragging pada hari Minggu kemudian ketik angka 1 dan begitu seterusnya.
k8 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
19.  Setelah selesai mengetikkan angka hingga 7 pada hari Sabtu pilih angka-angka tersebut dengan cara dragging seperti berikut.
20.  Klik menu Arrange > Transformation > Positions lalu atur Transformations Docker seperti berikut.
21. Tekan tombol Apply To Duplicate sebanyak 4 kali kemudian edit angka-angka tersebut.
k9 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
k10 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
22.  Setelah selesai semua untuk pengopyan angka, sekarang kita untuk mewarnai tanggal-tanggal hari libur atau hari-hari penting.
23.  Setelah mewarnai, disain lah latar belakang atau backgraoundnya, dan disainlah yang lain tergantung dari keinginan kita. Lihat seperti gambar.
k11 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
24.  Gandakanlah bulan Januari ke bulan Februari disebelah kanan yang sudah disediakan, rubahlah bulan dan tanggal sesuai dengan bulan tersebut. Importlah gambar yang lain yang sesuai dengan keinginan kita.
k12 Mudahnya Membuat Kalender Di CorelDraw
Untuk print out gunakanlah kertas Fhoto agar lebih bagus hasilnya, dan kalau ingin timbal balik gunakanlah Fhoto paper double side. kalau Anda ingin membuat satu halaman kalender dari januari sampai desember, anda tinggal mengcopy dan disusun dengan keinginan Anda.
Selamat mencoba…!!!

No comments:

Powered by Blogger.