Dasar Membuat Undangan Pernikahan dengan Corel Draw

Di postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat undangan pernikahan dengan Corel Draw khususnya bagi pemula.
 mungkin banyak jasa para Design yang lebih pintar dari kita mengenai undangan tapi alangkah senangnya kalau undangan yang kita buat adalah jerih payah kita sendiri… ya walaupun ga seprofesional yang di buat para jasa desiner undangan pada umumnya …..
Ok mari kita lansung ke TKP nya saja…..
jalankan program Corel Drawnya. Start>all programs>Corel Draw
Maka akan tampil lembar kerja Corel Draw.

Setelah anda merasa sudah cukup dengan penjelasan di atas selanjutnya atur jenis kertas dan ganti ukurannya dengan Centimeter caranya, klik sembarang pada print area, pada property bar pillih tanda panah bawah, jika property bar belum aktif aktifkan caranya,, pilih menu windows pilih toolbars centrang pada property bar, pada paper type pilih jenis kertasnya A4 jenis kertas A4 adalah yang biasa di pakai para desener undangan, selanjutnya pada drawing units ganti millimeter menjadi centimeter….. kalu belum jelas lihat gambar dibawah ini…..

buat dua kotakan di print area.caranya gini sob pilih gambar kotakan pada tools box namanya rectangle tool bisa juga dengan menekan tombol F6, setelah itu drag pada area print atau print area panjang 21 cm dan lebar 7 cm,  oooh iya tadi lupa ga dijelasin yang namanya palet warna ga apalah kita jelasin telat-telatan… jika sob ingin membuat kotakan di tengahnya ingin bolong atau tidak ada warnannnya klik kanan x pada palete warna lihat penjelasan gambar dibawah ini…..

Copas kotakan menjadi dua taruh di bawahnya…
Setelah membuat 2 kotakan untuk rangka undangan,,, maka sekarang kita tinggal mengisi design dan textnya di dalam rangka yang tadi kita buat….
Ini dia step by stepnya….
1.   Ramein rangka undangannya dengan text berikut… caranya pilih text tool klik pada lembar kerja yang akan kita sisipkan text kemudian untuk membesarkan textnya pilih pick tool pada tools box yang bergambar kursor, kemudian geser bagian pojok text…
 lihat gambar di bawah ini….

2.   Setelah sudah idea text yang kita buat klik lagi text tool,... ulangi beberapa kali hingga rangka undangan menjadi seperti ini…

3.   Untuk rangka di bawahnya seperti ini….

Untuk membuat rata kiri, rata tengah, dan rata kanan gunakan horizontal aligment pada property bar..

4.   Nah setelah selesai pastikan hasil akhir anda seperti ini…..

5.   Ini dia langkah yang paling menyenangkan dari membuat undangan sendiri, kreasi undangan anda hingga seperti ini….

Untuk tambahan bingkai anda bisa lihat dipostigan cara membuat undangan menggunakan Ms word disitu kita sudah jelaskan cara menggunakan bingka font…
Ok sampai disini tutorial yang saya sampaikan kepada anda…. Selamat mencoba 



dicopy dari : http://ilmucetak.blogspot.com/2012/03/v-behaviorurldefaultvmlo.html

No comments:

Powered by Blogger.