Membuat Desain Cover Majalah Dengan Photoshop

Apa kalian semua? Semoga baik-baik sayang yah. He he he
Kali ini saya akan mencoba membagi sedikit ilmu photoshop yah Alhamdulillah ya mudah – mudahan berguna bagi kehidupan dan kelestarian desain grafis warga palcomtech khusus nya. Saya akan coba mendesain cover majalah.
Majalah merupakan salah satu media promosi dan informasi yang telah ada sejak dulu yang terdiri atas gambar dan tulisan yang keberadaan nya mulai tergusur oleh eksistensi “INTERNET”. Tidak dapat di pungkiri sih kalo internet tuh sekarang udah jadi salah satu kebutuhan dasar umat manusia dan jika di bandingkan dengan majalah, tentu saja internet memiliki banya keunggulan. Untuk itulah saya akan mencoba men – desain cover majalah yang “ T O P   B G T” agar tidak kalah saingan dengan internet.

Hasil akhir yang akan kita buat


Langsung saja kita liat bagan di bawah ini yang merupakan struktur dasar dari sebuah cover majalah.Pada dasarnya semua cover majalah memiliki komposisi sebagai berikut.

Langkah 1

Langsung saja buka photoshop file baru ukuran A4
Buka kunci di layer background ( caranya ya klik aja 2x di Gambar “lock icon”).

Langkah 2

Kemudian berikan layer style dengan pengaturan seperti gambar berikut.


Langkah 3

Nah, jadilah ini sebuah background untuk cover majalah kita,  kalau ingin membuat warna background yang lain tinggal ganti warna pada color overly. Kalaupunya saya yah seperti ini, warna merah meriah eouy…..! ! !

Langkah 4

Berikutnya pilih type tool untuk membuat judul majalah kita, gunakan jenis huruf yang tebal dan beri warna #999999 (abu-abu)
Aktifkan pallet character dan berikan nilai -150 pada jarak antar karakter sehingga diperoleh jarak yang rapat antar huruf yang satu dengan yang lain

Kangkah 5

Kemudian berikan layer style berupa stroke dengan warna #666666 sebesar 15px.

Langkah 6

Lanjut lagi klik kanan pada icon FX di pallet layer kemudian pilih create layer untuk memisahkan layer text dengan layer stroke tadi.
 

Langkah 7

Dan sekarang kita mendapat 2 buah layer yang terpisah. Tapi jangan di pisahin, biarkan saja text nya bertumpukan seperti semula.
Pada layer text yang berada di  atas berikan lagi layer style dengan setingan sebagai berikut.





Langkah 8

Nah itu dia hasil sementara judul majalah kita, kemudian colok icon mata pada layer visibility, karena kita akan memberikan layer style untuk layer text yang ada di bawahnya dengan pengaturan seperti gambar di bawah ini.

Langkah 9

Kemudian hidupkan kembali icon mata pada layer visibility dan hasil nya seperti ini.


Langkah 10

Berikan sedikit pantulan cahaya pada text nya. Caranya tahan tombol “CTRL” pada keyboard, kemudian klik di layer thumbnail, sehingga di peroleh sebuah seleksi berbentuk text moto, kemudian buatlah sebuah layer baru lalu isikan area seleksi tersebut menggunakan warna putih


Langkah 11

Pastikan kita mengisikan warna putih tersebut di layer yang baru, lalu “CTRL+D” untuk menghilangkan seleksi. Lalu  pilih rectangular marquee tool untuk membuat seleksi seperti ini.
Kemudian pilih menu select > invers untuk membalik seleksi, lalu tekan tombol DELETE pada keyboard untuk menghapus area seleksi tersebut.

Kemudian CTRL+D, lalu  beri filter > blur > gausian blur.

Langkah 12

Lanjutkan membuat  kilatan cahaya untuk text untuk judul majalah
Pilih brush tool, soft round 300px, kemudian buat layer baru, dan pilih warna putih untuk foreground, kemudian klik satu kali di tengah area kosong.
Kemudian transform dan buat jadi gepeng seperti gambar di bawah ini.

Duplicate Layer, kemudian transform dan putar hingga membentuk seperti gambar.

Langkah 13

Duplicate layer nya lagi hingga di peroleh bentuk seperti kilatan cahaya, kemudian gabung semua layernya menjadi satu dan letakkan di atas text judul majalah.
Oke berikutnya kita masukkan gambar untuk berita utama, dan komponen lainnya seperti yang saya terangkan di awal tadi sehingga di peroleh desain seperti ini.

Hasil Akhir


http://news.palcomtech.com/2011/10/mendesain-cover-majalah-dengan-photoshop/



artikel ini diambil dari : http://news.palcomtech.com/2011/10/mendesain-cover-majalah-dengan-photoshop/

No comments:

Powered by Blogger.