Cara Memberi Efek Sinar Matahari di Adobe Photoshop


Jika kita memiliki foto menghadap ke arah matahari, ada efek sederhana yang bisa kita terapkan, yaitu efek pancaran sinar matahari. Caranya adalah dengan membuat layer baru, kemudian terapkan filter render clouds. Selanjutnya kita terapkan filter radial blur Zoom. Buat pusat zoom radial blur pada matahari. Untuk blend mode bisa kita pilih mode overlay, softlight atau hardlight sesuai efek yang anda inginkan. Atur opacitynya jika efek sinar matahari dirasa terlalu kuat.  Sedangkan untuk membuat gambar cahaya matahari anda bisa menggunakan filter supernova GIMP. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial membuat efek sinar matahari photoshop berikut ini:



1. Buka Foto.
Pilih menu File>Open atau bisa juga dengan menggunakan shortcut keyboard Ctrl+O. Browse file anda kemudian klik tombol Open. Selanjutnya pilih menu Layer>New Layer, isikan namanya dengan blend mode diisi Difference untuk mempermudah pekerjaan nantinya.
Buka foto dan buat layer baru
Gambar: Buka foto dan buat layer baru.
2. Terapkan Filter Clouds.
Reset warna foreground/background ke default dengan menekan tombol D. Kemudian terapkan filter clouds dengan memilih menu Filter>Render>Clouds.
Terapkan filter clouds
Gambar: Terapkan filter clouds.
3. Terapkan Filter Radial Blur.
Terapkan filter radial blur dengan memilih menu Filter>Blur>Radial Blur. Amount diisi 90 atau 100, blur method pilih Zoom, Quality pilih Best dan klik kotak Blur Center untuk memberikan posisi pusat radial blur. Saya akan mengklik di pojok kanan bawah sesuai posisi matahari pada foto contoh. Klik tombol OK. Jika posisi radial blur belum pas, tekan tombol Ctrl+Z untuk meng-undo dan pilih kembali menu Filter>Blur>Radial Blur.
Terapkan Filter Radial Blur
Gambar: Terapkan filter radial blur.
4. Ubah Blend Mode Ke Overlay.
Ubah blend mode layer Sinar Matahari ke Overlay, Softlight atau Hardlight dan atur opacitynya.
Ubah Ke Overlay
Gambar: Ubah blend mode ke overlay.
Berikut ini hasilnya:
membuat efek sinar matahari photoshop
Gambar: Efek Sinar Matahari Photoshop.

Video: Tutorial Photoshop, efek sinar matahari.





artikel dari : http://trikmudah.com/efek-sinar-matahari-photoshop/

No comments:

Powered by Blogger.