Buat Kaligrafi Arab Dengan Corel Draw

Kaligrafi merupakan kesenian yang berasal dari tulisan arabic yang diperindah, sehingga teks arab yang kita inginkan dapat di lihat indah dan sedap dipandang. Akan tetapi kesenian tersebut berangsur-angsur punah seiring dengan kemajuan jaman. Entah karena selera orang Islam yang sudah berubah, atau karena ketidak mampuan kita sebagai umat islam untuk mengembangkannya. Kaligrapfi arab atau juga disebut dengan Khot. sebenarnya mudah untuk di mengerti dan tidak sulit juga untuk membuatnya.

Dulu ketika Sekolah setingkat SMP pernah kami mengikuti Mata pelajaran Kaligrafi. Akan tetapi entah karena kurang bakat atau memang gak bakat sama sekali. terhitung kami di kelas yang berisikan sekitar 40 orang. Tulisan Kaligrafi kami Paling…. ya pokoknya nomor satu dari belakang saking Jeleknya.
Karena merasa kurang bakat jadi kami belajar hanya sekedar belajar saja dan merasa bahwa itu hanya pelajaran tambahan saja, so… terus terang saat itu kami belum mengerti dan memahami keadaan kaligrafi sedang sakit parah alias kritis untuk jaman sekarang. Meski demikian banyak yang kami dapatkan dari Pelajaran tersebut.

  1. Cara Membuat
  2. Alat apa saja yang digunakan
  3. Cara menggunakan peralatan
  4. Peraturan-peraturan yang harus ditaati
  5. Macam-macam kaligrafy arab (kuno bukan kontemporer)
  6. dsb
Pada zaman sekarang ketika teknologi Digital telah menjadi urat nadi kehidupan. Terpikir oleh kami apakah kaligrafi menjadi bagian dari teknologi digital. Akhirnya kami meminta petuah dari Mbah Google. Ternyata yang ada di mbah Google hanya sekedar Hasil scanner dari tulisan tangan kemudian memperindah kaligrafi tersebut dengan menggunakan Adobe Photoshop dan dihias sedemikian rupa sehingga menjadi lukisan yang indah. Hebat…. sip dah. Tapi pertanyaannya, Akankah bisa generasi kita membuat lagi, memberikan inovasi terhadap ilmu kaligrafi tersebut. Kalau hanya itu-itu saja, akhirnya bosan dan lama-lama punah.

Dengan teknologi Digital dan kemampuan kami yang pas-pas an tentang kaligrafy…..oalah….. Akhirnya kami bisa membuat kaligrafi sendiri tanpa mencontek dari Tulisan orang. dan membuat kaligrafi mentahan (masih master) sehingga bisa dipolah dengan software Corel Draw kemudian diperindah dengan adobe Photoshop.
Ini masih mentah dan kurang bagus, tapi minimal udah bisa membuat sendiri menggunakan Komputer Butut dan Software Corel Draw. Saya yakin dengan ini kita bisa kembangkan.

Kalau ingin download Asli dari Corel Drawnya Silahkan Klik dibawah ini disini.
  1. Shodaqolloh
  2. Bismillahirrohmanirrohim
  3. Bismillahirrohmanirrohim (model keong)
  4. Nama Bulan (Arab)
  5. Tulisan Arab Nama Angka
  6. Nama Hari (Arab)
  7. Subhanalloh
  8. Shollohu Alaihi Wa Sallam
  9. Allahu Akbar 1
  10. Allahu Akbar 2
  11. Allah ( Model Thuluts )
  12. Allah (Model Kufi)
  13. Kullu Am Wa Antum Bi Khoir
  14. Jalla Jalalah
Semoga Bermanfaat....

http://gondal-gandool.blogspot.com/2012/05/kaligrafi-merupakan-kesenian-yang.html

No comments:

Powered by Blogger.