Buat Kaligrafi Arab Dengan Corel Draw

Kaligrafi merupakan kesenian yang berasal dari tulisan arabic yang diperindah, sehingga teks arab yang kita inginkan dapat di lihat indah dan sedap dipandang. Akan tetapi kesenian tersebut berangsur-angsur punah seiring dengan kemajuan jaman. Entah karena selera orang Islam yang sudah berubah, atau karena ketidak mampuan kita sebagai umat islam untuk mengembangkannya. Kaligrapfi arab atau juga disebut dengan Khot. sebenarnya mudah untuk di mengerti dan tidak sulit juga untuk membuatnya.

Dulu ketika Sekolah setingkat SMP pernah kami mengikuti Mata pelajaran Kaligrafi. Akan tetapi entah karena kurang bakat atau memang gak bakat sama sekali. terhitung kami di kelas yang berisikan sekitar 40 orang. Tulisan Kaligrafi kami Paling…. ya pokoknya nomor satu dari belakang saking Jeleknya.
Karena merasa kurang bakat jadi kami belajar hanya sekedar belajar saja dan merasa bahwa itu hanya pelajaran tambahan saja, so… terus terang saat itu kami belum mengerti dan memahami keadaan kaligrafi sedang sakit parah alias kritis untuk jaman sekarang. Meski demikian banyak yang kami dapatkan dari Pelajaran tersebut.

  1. Cara Membuat
  2. Alat apa saja yang digunakan
  3. Cara menggunakan peralatan
  4. Peraturan-peraturan yang harus ditaati
  5. Macam-macam kaligrafy arab (kuno bukan kontemporer)
  6. dsb
Pada zaman sekarang ketika teknologi Digital telah menjadi urat nadi kehidupan. Terpikir oleh kami apakah kaligrafi menjadi bagian dari teknologi digital. Akhirnya kami meminta petuah dari Mbah Google. Ternyata yang ada di mbah Google hanya sekedar Hasil scanner dari tulisan tangan kemudian memperindah kaligrafi tersebut dengan menggunakan Adobe Photoshop dan dihias sedemikian rupa sehingga menjadi lukisan yang indah. Hebat…. sip dah. Tapi pertanyaannya, Akankah bisa generasi kita membuat lagi, memberikan inovasi terhadap ilmu kaligrafi tersebut. Kalau hanya itu-itu saja, akhirnya bosan dan lama-lama punah.

Dengan teknologi Digital dan kemampuan kami yang pas-pas an tentang kaligrafy…..oalah….. Akhirnya kami bisa membuat kaligrafi sendiri tanpa mencontek dari Tulisan orang. dan membuat kaligrafi mentahan (masih master) sehingga bisa dipolah dengan software Corel Draw kemudian diperindah dengan adobe Photoshop.
Ini masih mentah dan kurang bagus, tapi minimal udah bisa membuat sendiri menggunakan Komputer Butut dan Software Corel Draw. Saya yakin dengan ini kita bisa kembangkan.

Kalau ingin download Asli dari Corel Drawnya Silahkan Klik dibawah ini disini.
  1. Shodaqolloh
  2. Bismillahirrohmanirrohim
  3. Bismillahirrohmanirrohim (model keong)
  4. Nama Bulan (Arab)
  5. Tulisan Arab Nama Angka
  6. Nama Hari (Arab)
  7. Subhanalloh
  8. Shollohu Alaihi Wa Sallam
  9. Allahu Akbar 1
  10. Allahu Akbar 2
  11. Allah ( Model Thuluts )
  12. Allah (Model Kufi)
  13. Kullu Am Wa Antum Bi Khoir
  14. Jalla Jalalah
Semoga Bermanfaat....

http://gondal-gandool.blogspot.com/2012/05/kaligrafi-merupakan-kesenian-yang.html

Cara Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop





Setelah lama tidak posting artikel tutorial Photoshop, kembali sekarang saya hadirkan tips tentang Photoshop. Dalam kesempatan ini saya akan coba terangkan bagaimana Cara Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop. Dalam tutorial ini saya memakai Photoshop CS5, namun untuk Photoshop versi berapapun anda tetap bisa mempraktekkannya. Langkah ini termasuk cara mudah dan cocok bagi pemula, yang masih belajar Photoshop seperti saya. Untuk masalah kreatifitas saya serahkan kepada anda, disini saya hanya memberikan garis besarnya saja. Sebelum menginjak ke permasalahan untuk mempermudah praktek efek air ini, sebaiknya anda sedot dulu background yang saya jadikan praktek dalam tutorial disini. Klik disini . . . !
Te-Ka-Pe . . . :)
Satu : Setelah anda sedot background yang akan dijadikan praktek dalam toturial ini, silahkan Ekstrak dulu. Buka program Photoshop-nya dan pada Menu klik File > Open atau tekan Ctrl+O pada Keyborad. Cari hasil sedot yang sudah anda Ekstrak, hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Dua : Sekarang buatlah huruf dengan cara klik Horizontal Type Tool pada Tool Box atau tekan huruf T pada Keyboard.
Tiga : Pada Property Bar tentukan tiga hal seperti yang terlihat di bawah. Set the font family (disini saya memakai jenis font BRIGETTE) Set the font size (disini saya mamakai ukuran huruf 200 pt) Set the text color (ini harus warna hitam).
Empat : Klik pada area kerja untuk memulai pengetikan, dan ketik AIR SEHAT ! (hanya contoh).
Lima : Setelah selesai mengetik huruf, otomatis akan terbuat sebuah layers teks baru dengan nama sesuai dengan yang kita ketik. Selanjutnya beri nilai 0% pada Fill yang terletak pada Palette Layers dan Layers Teks. Lihat gambar !
Enam : Yang aktif masih Layers Teks pada Palette Layers, lalu klik kanan pada Layers Teks dan pilih Blending Options.
Tujuh : Sekarang yang terlihat oleh anda adalah kotak dialog Palette Styles. Lakukan pengaturan dan disini saya hanya memberikan pengaturan yang disesuaikan dengan corak background yang dipakai.
Klik atau Centang pada Drop Shadow, untuk pengaturannya lakukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Klik atau Centang pada Inner Shadow, untuk pengaturannya lakukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Klik atau Centang pada Bevel and Emboss, untuk pengaturannya lakukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah :
Delapan : Setelah selesai melakukan tiga langkah pengaturan diatas, lalu untuk memudahkan dalam pengaturan selanjutnya dalam hal memberi efek air pada huruf atau objek yang dipilih, simpan pengaturan Palette Styles dengan cara klik New Style…
Sembilan : Beri nama Style, untuk contoh saya beri nama Styles Air. Klik OK, dan klik OK juga pada kotak dialog Styles.
Sepuluh : Untuk mengaktifkan sekaligus melihat style yang telah kita buat, pada Menu klik Window dan aktifkan Styles.
Sebelas : Maka akan tampil sebuah Palette Styles dan style yang telah kita buat tadi akan tampil pada style paling akhir. Lihat gambar dibawah ! Klik disitu untuk mengaktifkan.
Duabelas : Sejauh ini hasilnya sudah ada perubahan pada huruf yang telah diketik. Lihat gambar dibawah !
Tigabelas : Agar gambar terlihat nyata atau lebih banyak efek airnya, tambahkan bintik-bintik air. Disini saya menggunakan tool Freeform Pen Tool yang berada pada Tool Box.
Empatbelas : Setelah mengaktifkan tool Freeform Pen Tool, klik juga Shape layers pada Property Bar. Lalu gunakan kreatifitas anda, buatlah bintik-bintik air untuk melengkapi tampilan efek air pada huruf.
Berikut hasil akhir dari Cara Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop.
Selamat mencoba dan semoga bermanfa’at . . .




 artikel ini dicopy dari : http://onesetia82.wordpress.com/2011/12/22/cara-membuat-huruf-efek-air-dengan-photoshop/

Desain Kalender 2013 Dengan Corel

Edisi SDIT Alfatah Bekasi
Format CDR 13

Akhirnya selesai juga editing file vektor untuk kalender 2013, meski saya rasa teramat lelah dalam  proses editing dan uploading file, hal itu tidak membuat saya untuk berhenti memberikan layanan gratis untuk para pengunjung sekalian. 

Mohon dikoreksi ulang tanggal serta hari liburnya, bisa saja saya melakukan kesalahan saat proses editing. Mohon maaf karena proses uploadnya lama, maka untuk saat ini hanya beberapa file saja yang dapat di unggah / download, mohon bersabar.



Kalender Januari Pebruari 2013
Format CDR FILE
Klik Disini untuk Download
Kalender Maret April 2013
Format CDR
Kalender Mei Juni 2013
Format  CDR, Klik disini untuk download

Kalender Juli Agustus 2013
Format CDR Klik disini untuk download
Kalender September Oktober 2013
Format Cdr Klik disini untuk Donwload
 Kalender Nopember Desember 2013
Format CDR Klik disini untuk download
Format tanggal saja lengkap dengan hijriyah
Klik disini untuk download 
 
 
 
http://akangsurya.blogspot.com/2012/06/kalender-2013-rasa-facebook.html